B. Indonesia Sekolah Menengah Atas contoh cerpen beserta saran dan kritik​

contoh cerpen beserta saran dan kritik​

Jawaban:

Latar Belakang Masalah

Cerita pendek (cerpen) sebagai salah satu jenis karya sastra ternyata dapat memberikan manfaat kepada pembacanya. Di antaranya dapat memberikan pengalaman pengganti, kenikmatan, mengembangkan imajinasi, mengembangkan pengertian tentang perilaku manusia, dan dapat menyuguhkan pengalaman yang universal. Pengalaman yang universal itu tentunya sangat berkaitan dengan hidup dan kehidupan manusia serta kemanusiaan. Ia bisa berupa masalah perkawinan, percintaan, tradisi, agama, persahabatan, sosial, politik, pendidikan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kiranya cerpen dengan segala permasalahannya yang universal itu harus dilakukan penilaian (kritik) terhadap karya sastra itu. Salah satu tujuan kritik sastra adalah untuk membantu pembaca memahami karya sastra. Sedangkan tujuan utama kritik sastra adalah untuk memberikan penilaian objektif tentang baik atau buruknya suatu karya sastra.

Dalam makalah ini kami akan melakukan kritik sastra terhadap cerpen “ibu” karya A.A Navis. Dipilihnya cerpen “Ibu”  bukan tanpa pertimbangan atau alasan sebab cerpen ini memiliki keistimewaan (bagi kami). Keistimewaannya yaitu terletak pada teknik penceritaan yang menarik, mendidik, mengharukan dan juga banyak sekali mengandung nilai-nilai pendidikan, nilai-nilai kepribadian, nilai-nilai tanggung jawab dan nilai-nilai religi.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, kami mencoba mengidentifikasi masalah. Identifikasi masalahnya kami dasarkan pada tiga aspek dalam kritik sastra, yaitu:

1.      Analisis terhadap karya sastra;

2.      Interpretasi/penafsiran terhadap karya sastra; dan

3.      Evaluasi/penilaian terhadap karya sastra.